Home Wisata Asia 37 Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Gunung Kidul Yang Terkenal Wajib...

37 Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Gunung Kidul Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

1783
0

Tempat Wisata Di Gunung Kidul – Bingung mau liburan kemana? Ini rekomendasi tempat wisata bagus dan indah di Gunung Kidul Jogja yang terkenal wajib dikunjungi. Mulai dari pantai pasir putih, air terjun indah, cave tubing, goa, spot foto kekinian, glamping cantik, hingga sajian kuliner enak ada semua di sana.

Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu surganya tempat wisata di Yogyakarta yang selalu menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang maupun akhir pekan. Bukan hanya deretan pantai dan panorama alamnya saja yang menarik, namun kini mulai hadir objek wisata baru yang mengusung tema milenial alias “jaman now” mulai bermunculan.

Tersedianya akomodasi seperti penginapan / hotel, cafe, rumah makan, hingga akses jalan yang semakin baik membuat Gunung Kidul menjadi primadona baru bagi wisatawan. Nah, buat Anda yang kebetulan ingin rekreasi ke sana, berikut Aneka Wisata sajikan daftar tempat wisata di Gunung Kidul yang recommended untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Gunung Kidul Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

1. HeHa Sky View

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HeHa Sky View (@hehaskyview)

Kita awali review tempat wisata di Gunung Kidul dengan mengulas HeHa Sky View. Sesuai dengan namanya, destinasi baru ini menyaguhkan view panorama Kota Jogja dari ketinggian. Lokasinya yang berada di atas bukit, membuat para pengunjung bisa menikmati city light saat malam hari seperti halnya Bukit Bintang.

Selain view cantik, HeHa Sky View menawarkan wahana dan fasilitas lengkap yang akan memanjakan pengunjung, mulai dari spot foto instagramable, garden area, bean bag area, live music, restoran, food stalls, heha garage, souvenir shop, mushalla, toilet, area parkir, hingga jalur kursi roda.

Beberapa spot foto keren yang bisa dieksplore antara lain Sky Glass, Wall Climbing, Sky Balloon, HeHa Aeroplane, Reflecting Pool, Selfie Garden, dan Love Box. Harga tiket masuk ke HeHa Sky View dibanderol sekitar 15 – 20 ribu rupiah, sedangkan tarif spot foto 10 – 30 ribu rupiah.

HeHa Sky View cukup dekat dengan Kota Jogja, hanya sekitar 40 menit perjalanan. Alamat / Lokasinya terletak di Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 21.00 WIB (Senin – Jumat) dan 08.00 – 21.00 WIB (Sabtu – Minggu).

2. HeHa Ocean View

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HeHa Ocean View (@hehaoceanview)

Berbeda dengan HeHa Sky View yang menyajikan panorama alam dan city light, HeHa Ocean View menawarkan view keindahan lautan biru nan luas. Lokasinya berada di tepi tebing, sehingga pengunjung bisa menikmati laut lepas dan deburan ombak sejauh mata memandang.

Seperti halnya HeHa Sky View, HeHa Ocean View juga dilengkapi fasilitas lengkap, seperti wahana spot foto instagenic, food stall (semacam food court), drink stall, angkringan, reflexology, mushola, toilet, taman untuk bersantai / nongkrong, panggung musik, dan penginapan berbentuk glamping.

Spot foto keren di sana antara lain Santorini, Trinity Glass, Ringstone, Waterfall, Terra Curve, Air Balloon, HeHa Airplane, Pink Horizon, Hexagon, Rainbow, Polkadot, dan Chromatic Car. Rate harga spot foto sekitar 10 – 30 ribu rupiah, sedangkan harga tiket masuk HeHa Ocean View dibanderol 15 – 20 ribu rupiah.

Untuk makanan dan minuman, harganya relatif murah terjangkau sekitar 5 – 20 ribu rupiah. Lokasi HeHa Ocean View cukup jauh dari pusat Kota Jogja, bisa mencapai 1,5 jam perjalanan. Alamat tepatnya terletak di Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 09.00 – 21.00 WIB.

3. Pantai Pok Tunggal

Tempat-Wisata-Di-Gunung-Kidul
Gambar ilustrasi tempat wisata di Gunung Kidul : Pantai Pok Tunggal

Liburan ke Gunung Kidul, belum lengkap rasanya tanpa berkunjung ke pantai. Pasalnya, daerah ini dikenal sebagai surganya pantai terindah di Jogja. Nah, salah satu pantai tersebut adalah Pantai Pok Tunggal.

Begitu sampai di tepi pantai, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih lembut dan bersih dengan deburan ombak jernih. Di sekelilingnya, berdiri tebing karang menjulang tinggi dengan gagah. Sungguh, suatu pemandangan eksotis yang bakalan memanjakan mata.

Fasilitas yang ada di Pantai Pok Tunggal terbilang sudah lengkap, tersedia deretan payung pantai, warung penjual makanan / minuman, area parkir, mushola, kamar mandi untuk ganti / bilas, dan toilet. Beberapa aktivitas seru untuk dilakukan di sana antara lain bersantai, berfoto, menikmati sunset, camping, dan lainnya.

Harga tiket masuk ke Pantai Pok Tunggal dibanderol 10 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi D.I. Yogyakarta.

4. Pantai Drini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pantai Drini Gunungkidul (@pantai_drini_gunungkidul)

Dari sekian banyaknya pantai di Gunung Kidul yang indah, mungkin Pantai Drini menjadi satu-satunya pantai dengan fasilitas dan wahana terlengkap. Di sana, ada beragam kegiatan seru yang bisa dilakukan mulai dari bermain kano, snorkeling, bersantai, hunting foto, bermain pasir, hingga menikmati kuliner khas laut (seafood).

Pantai Drini memiliki 2 wajah, bagian barat digunakan sebagai pelelangan ikan dan pelabuhan nelayan, sedangkan sisi timur sebagai tempat wisata karena memiliki pasir putih bersih dengan ombak tenang.

Soal fasilitas, tak perlu diragukan lagi alias lengkap. Tersedia payung pantai, spot foto, mushola, area parkir, ruang bilas / ganti, toilet, toko souvenir / cinderamata, dan warung penjual makanan / minuman.

Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Lokasi / alamat Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja, sekitar 2 – 3 jam perjalanan darat.

5. Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ?arti bintang? (@arti.bintang)

Nama Pantai Pulang Sawal atau yang populer dengan sebutan Pantai Indrayanti sepertinya sudah tak asing lagi dikalangan warga lokal maupun wisatawan. Jauh sebelum ditemukannya panta-pantai baru, pantai ini sudah menjadi tempat wisata di Gunung Kidul favorit banyak orang.

Bukan tanpa alasan Pantai Indrayanti menjadi primadona sejak dulu hingga sekarang. Selain pantainya cantik, bersih, dan berpasir putih, fasilitas di sana juga sangatlah lengkap. Tersedia payung pantai, gazebo, wahana jet ski, area parkir, toilet / kamar mandi, tempat ibadah, restoran / cafe hingga penginapan layaknya pantai di Bali.

Harga tiket masuk ke sana dibanderol 10 ribu rupiah, cukup murah meriah, bukan? Lokasi / alamat Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Kabarnya, sunset di sana juga indah lho, sayang untuk dilewatkan begitu saja.

6. Goa Pindul

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by GOA PINDUL JOGJA OFFICIAL ? (@goapindul.id)

Bagi Anda penyuka objek wisata bertema petualangan / adventure yang memacu adrenalin, Goa Pindul bisa menjadi pilihan tepat. Di sana, Anda akan diajak menyusuri goa dengan cara cave tubing yaitu naik di atas ban pelampung, lalu mengikuti aliran sungai bawah tanah. Seru dan asyik!

Goa Pindul termasuk salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan. Saat menyusuri goa dengan ban pelampung, Anda akan dibawa ke 3 zona selama kurang lebih 45 menit, yaitu zona terang, remang, dan gelap.

Jika beruntung, Anda bisa melihat stalaktit dan Stalagmit di dalam goa. Tak usah kuatir akan tenggelam, karena Anda akan didampingi oleh pemandu profesional berpengalaman. Jangan lupa bawa baju ganti ya, Anda hampir bisa dipastikan akan basah-basahan terkena air.

Di sana, tersedia fasilitas kamar mandi untuk ganti, toilet, dan warung makan. Harga tiket cave tubing di Goa Pindul sekitar 40 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi D.I. Yogyakarta.

7. Kalisuci Cave Tubing

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wisata Kalisuci Cavetubing (@kalisucicavetubing)

Tak kalah seru dengan cave tubing Goa Pindul, cave tubing di Kalisuci juga wajib Anda coba. Anda akan diajak menyusuri sungai melalui ngarai dan goa dengan naik di atas ban pelampung selama lebih kurang 1,5 jam.

Aliran sungai yang berkelak-kelok dan kondisi remang-remang saat memasuki Goa Kalisuci maupun Goa Gelatik membuat suasana semakin seru. Bagi Anda yang akan mencobanya, persiapkan fisik secara baik karena lumayan lama durasinya bila dibandingkan dengan Goa Pindul.

Harga paket cave tubingnya sekitar 80 – 200 ribu rupiah. Lokasi Cave Tubing Kalisuci terletak di Jetis wetan, RT.001 / RW.001, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 16.00 WIB.

8. Air Terjun Sri Gethuk

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by N V S (@novitavs_)

Selain kaya akan deretan pantai berpasir putih, Gunung Kidul juga punya sejumlah tempat wisata alam berupa air terjun yang indah. Satu diantaranya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Dengan ketinggian mencapai 25 meter, aliran airnya tampak begitu eksotis jatuh perlahan melalui dinding tebing.

Jika beruntung, wisatawan bisa melihat pelangi diantara aliran air terjun. Selain menikmati keindahan air terjun, para wisatawan bisa juga seru-seruan melalui wahana flying fox, body rafting, dan susur sungai naik perahu rakit.

Harga tiket masuk ke air terjun terindah di Jogja ini dibanderol sekitar 15 ribu rupiah dan tarif naik rakit menuju ke lokasi air terjun 10 ribu rupiah. Untuk tarif flying fox sebesar 35 ribu rupiah, sedangkan body rafting 30 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Air Terjun Sri Gethuk terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 16.00 WIB.

9. Gunung Api Purba Nglanggeran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yosi Gravica Rizki (@yosigravica)

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung yang sudah tidak aktif. Kabarnya, letusan terakhir gunung ini terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Meskipun sudah tidak aktif, Gunung Api Purba Nglanggeran tetap memiliki pesona yang tak kalah indah dibandingkan gunung aktif pada umumnya.

Dengan ketinggian mencapai 700 mdpl, puncak gunung ini menjadi spot favorit wisatawan untuk melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset). Untuk mencapai puncak, Anda akan membutuhkan waktu selama 50 menit – 1 jam perjalanan dari kaki gunung.

Jika tak ingin melewatkan sunrise, Anda dapat berkemah di sana. Ada camping ground yang letaknya sekitar 50 meter dari puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sebesar 15 – 20 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka 24 jam.

10. Air Terjun Kedung Kandang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Eva Alfian Sidiq Nurzaman (@alfian_persie)

Tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran, tepatnya sebelah selatannya, ada satu air terjun musiman yang layak dikunjungi. Namanya Air Terjun Kedung Kandang. Di sebut musiman karena aliran airnya akan deras saat musim penghujan tiba, sedangkan ketika kemarau aliran airnya menyusut, bahkan bisa kering.

Air Terjun Kedung Kandang terbilang unik, airnya mengalir secara bertingkat karena lokasinya berada di kawasan terasering / sengkedan persawahan. Batuan dasar air terjunnya berupa batuan vulkanik alami.

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus trekking jalan kaki selama 15 – 30 menit dari tempat parkir. Air terjun terindah di Gunung Kidul ini berlokasi di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya 7 ribu rupiah.

11. South Shore

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by South Shore Official (@southshore.yk)

Berkonsep ala pool bar & cafe di Bali, South Shore menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong di pinggir pantai. Anda bisa duduk santai menikmati makanan / minuman sambil menyaksikan lautan lepas. Lokasinya terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitasnya pun terbilang lengkap, tersedia kolam renang (infinity pool), tempat makan, spot foto, kamar mandi, toilet, wastafel, dan area parkir. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 100 – 200 ribu rupiah. Lumayan mahal seh, tapi mungkin akan sebanding dengan yang Anda dapatkan.

Mengingat berada di pinggir pantai, maka sore hari menjadi waktu yang pas untuk datang ke sana dimana cuaca tak terlalu panas. Anda bisa sekaligus menikmati keindahan sunset di sana. South Shore buka mulai jam 11 siang hingga pukul 18.00 WIB.

12. Bukit Paralayang Watugupit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rohkiyat (@roh_kyt)

Tak kalah dengan daerah lain, Gunung Kidul juga punya satu tempat yang menyuguhkan pemandangan sunset indah. Namanya Bukit Paralayang Watugupit. Fasilitasnya lumayan lengkap, tersedia kursi, tenda, dan warung makan. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Sebagai salah satu spot sunset terindah di Jogja favorit anak muda, Bukit Paralayang Watugupit menyuguhkan view sunset yang eksotis. Dari bukit ini, Anda bisa melihat view cantik, kombinasi sempurna antara garis pantai, langit biru, ombak laut, dan matahari senja.

Secara administratif, bukit ini terletak di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Namun jika dilihat dari segi geografis, lokasi Bukit Paralayang Watugupit berada di sebelah timur Pantai Parangtritis yang merupakan spot unggulan destinasi wisata Bantul.

Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Tapi, untuk menuju bukit tersebut, Anda harus memasuki kawasan Pantai Parangtritis terlebih dahulu dengan tarif masuk 10 ribu rupiah, setelah itu baru melakukan perjalanan sejauh lebih kurang 2 km.

13. Teras Kaca Pantai Nguluran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by __ احمد فوزي __ (@chills_afz)

Saat ini, trend destinasi wisata selfie sedang hits dikalangan para traveler. Tak ayal, banyak sekali bermunculan objek wisata bertema spot foto kekinian yang instagramable. Salah satunya adalah Teras Kaca Pantai Nguluran.

Sesuai namanya, tempat wisata di Gunung Kidul terbaru ini menawarkan sebuah spot foto berupa teras beralaskan kaca di tepi tebing pantai. Dari atas teras ini, Anda bisa menyaksikan lautan biru nan luas yang berpadu dengan birunya langit.

Selain Teras Kaca, tersedia juga spot foto lain yang tak kalah bagus seperti Glass Boat, Jogja Swing, Giant Chair, dan Becak Terbang. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 50 – 100 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Teras Kaca Pantai Nguluran terletak di Bolang, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.

14. De Mangol

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dé MANGOL VIEW (@demangolview)

Jika Teras Kaca Pantai Nguluran menyuguhkan panorama lautan luas, maka lain halnya dengan De Mangol. Tempat wisata di Gunung Kidul ini menawarkan view keindahan alam hijau dari atas perbukitan.

Gagahnya Gunung Merapi, Gunung Api Purba Nglanggeran, Candi Ratu Boko, Tebing Breksi, hingga Kota Yogyakarta bisa Anda saksikan dari De Mangol. Sungguh keren!

Beberapa spot foto berlatar lembah dan perbukitan hijau juga tersedia di sana. Misalnya teras kaca, bean bag area, triangle spot, neon lights, spot sepeda, love, mural, dan layanan photobooth. Asyiknya lagi, De Mangol punya restoran / cafe dengan menu lengkap, baik tradisional, asian, maupun western dengan harga terjangkau.

Bagi pasangan pengantin baru, ada juga lho paket dinner romantis di sana seharga 375 ribu-an. Lumayn murah, bukan? Oya, setiap Sabtu, Minggu, dan hari Libur Nasional ada live music yang akan memanjakan pengunjung.

Harga tiket masuk ke De Mangol dibanderol 15 ribu rupiah, untuk jam buka pukul 15.00 – 21.00 WIB. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

15. Puncak Segoro

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Puncak Segoro (@puncaksegoro)

Bosan dengan cafe yang ada di Kota Jogja? Cobain deh, melipir ke Gunung Kidul. Di sana ada Puncak Segoro yang menawarkan tempat nongkrong anti mainstream dengan view lautan biru.

Puncak Segoro berada di atas bukit tepi laut dengan 5 tingkat dan 180-an anak tangga. Fasilitasnya terbilang lengkap, mulai dari spot foto selfie, cafe / resto, mushola, tempat parkir, dan toilet. Harga tiket masuk ke sana sekitar 25 ribu rupiah, sementara itu harga makanan / minuman berkisar 5 – 25 ribuan.

Lokasi / alamat Puncak Segoro terletak di Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

16. Goa Jomblang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ?????? ????????? ?. ? (@jo.chryst)

Gunung Kidul menjadi salah satu surganya destinasi wisata alam Jogja yang indah. Satu diantaranya adalah Goa Jomblang di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Goa Jomblang termasuk goa vertikal yang terbentuk akibat amblasnya permukaan tanah dan vegetasi di atasnya ke dalam perut bumi. Proses amblas tersebut akhirnya membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng.

Kabarnya, kedalaman Goa Jomblang sendiri mencapai 80 meter. Namun, biasanya wisatawan menyusuri hingga ke dalaman 15 meter. Di dalam goa terdapat semacam hutan purba yang subur, banyak tumbuhan seperti lumut dan paku-pakuan. Ada juga batu kristal, stalaktit, maupun stalagmit.

Jika beruntung, Anda bisa melihat seberkas cahaya yang masuk dari celah-celah atau mulut Goa. Berkas cahaya tersebut menciptakan keindahan yang begitu cantik sehingga dikenal dengan nama “cahaya surga”.

Harga tiket masuk ke Goa Jomblang terbilang mahal, sekitar 450 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Hal ini karena Anda harus menyewa peralatan dan pemandu untuk masuk ke dalam Goa. Jam buka sekitar pukul 09.00 – 14.00 WIB. Sebaiknya datang saat cuaca cerah ya.

17. Bukit Bintang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ?????? ???????? (@safrilaliyatno)

Bagi warga Jogja, nama Bukit Bintang sangatlah familiar di telinga mereka. Pasalnya, bukit ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak-anak muda bersama teman, sahabat, maupun pasangan halalnya saat sore hingga malam hari.

Daya tarik utama Bukit Bintang adalah view panorama Kota Jogja dari ketinggian. Jadi, saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat landscape Kota Gudeg dan mungkin Gunung Merapi dari kejauhan. Saat malam tiba, kerlap-kerlip lampu kota (city light) tampak begitu cantik.

Selain itu, di kawasan Bukit Bintang terdapat warung / kedai yang menjual makanan / minuman seperti jagung bakar, roti bakar, teh, kopi, dan lainnya dengan harga murah nyaman dikantong mahasiswa / pelajar. Bersantai atau bercengkrama sambil menikmati camilan, minuman, dan keindahan lampu kota menjadi aktivitas favorit di sana.

Beberapa warung di sana punya spot duduk strategis atau semacam gardu pandang untuk melihat panorama Kota Yogyakarta maupun hunting foto city light. Lokasi / alamat Bukit Bintang terletak di Desa Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta.

18. Pantai Timang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ??? ????? | ????? ????? (@dimasvlens)

Ingin liburan ke pantai anti mainstream? Cobain deh, berkunjung ke Pantai Timang di Gunung Kidul. Di sana, Anda bisa uji nyali naik gondola kayu tradisional untuk menyebrang ke pulau karang kecil di tengah laut. Gondola ini ditarik memakai tali secara manual.

Saat menaiki gondola dan mulai jalan, denyut jantung tentu akan terasa lebih kencang. Adrenalin pun langsung terpacu lantaran di bawah jalur penyebrangan adalah deburan ombak besar dan batuan karang. Selain gondola, ada juga jembatan gantung yang bisa dicoba untuk menguji keberanian.

Harga tiket masuk Pantai Timang dibanderol 10 ribu rupiah, sedangan tarif naik gondola 150 ribu, naik jempatan 100 ribu, dan naik jeep 350 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lokasi / alamatnya terletak di Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

19. Puncak Kosakora

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by R Habiburrahman (@gorat.id)

Puncak Kosakora merupakan sebuah bukit karst yang letaknya sejajar dengan deretan Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup hingga Mercusuar Pantai Baron.

Dengan ketinggian sekitar 50 mdpl, dari atas puncaknya, Anda bisa menyaksikan deretan pantai-pantai di atas berpadu cantik dengan lautan biru. Selain berfoto dengan latar laut Selatan, wisatawan biasanya camping di atas bukit Kosakora.

Di atas Puncak Kosakora, kabarnya sudah ada persewaan tenda dengan tarif 60 – 100 ribu rupiah. Tarif camping dibanderol 10 ribu rupiah per malam. Fasilitasnya cukup lengkap, ada toilet dan warung penjual makanan / minuman.

Mengingat untuk naik ke puncak butuh perjuangan ekstra, maka Puncak Kosakora direkomendasikan khusus para traveler muda. Anda harus trekking jalan kaki sejauh lebih kurang 2 km menuju puncak.

Untuk menuju Puncak Kosakora, Anda harus membayar tiket masuk pantai sekitar 10 ribu rupiah dan tiket masuk bukit 2 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka 24 jam.

20. Pantai Sepanjang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pantai Sepanjang (@pantaisepanjang)

Sesuai namanya, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih bersih. Ombaknya tergolong sedang, lingkungannya pun masih tampak alami belum banyak pembangunan modern. Suasana pantai seperti ini sekilas mirip dengan pantai Kuta Bali tempo dulu.

Di sepanjang pantai, berdiri warung / kios penjual makanan / minuman dan souvenir. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil mencicipi kuliner hasil laut di warung yang tersedia. Fasilitas penunjang lainnya seperti tempat parkir, mushola, spot foto, dan toilet pun tersedia.

Harga tiket masuk ke Pantai Sepanjang dibanderol 10 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jalan Sepanjang, Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

21. Pantai Baron

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wedding Photographer (@marahuda)

Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang cukup terkenal dikalangan warga lokal Yogyakarta. Hampir setiap musim liburan, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Pantai berbentuk U ini memiliki pasir berwarna cokelat dengan debur ombak relatif tenang.

Di sekitar pantai biasanya terdapat kapal-kapal nelayan dan warung makan yang menyediakan menu olahan hasil laut seperti udang, ikan kakap, tongkol, kepiting, dan lainnya. Beberapa waktu lalu, sempat ada wahana watersport “Flyboard Baron” seperti di Pantai Tanjung Benoa Bali.

Tak jauh dari pesisir pantai, ada Baron Techno Park (pembangit listrik tenaga angin) dan Mercusuar Tanjung Baron setinggi 40 meter. Harga tiket masuk ke Pantai Baron dibanderol 10 ribu rupiah, sedangkan tarif naik mercusuar 5 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Waktu tempuh dari pusat Kota Jogja sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan darat.

22. Pantai Ngrenehan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ???????? ???? (@maleostory)

Pantai Ngrenehan berbentuk teluk dengan dikelilingi bukit kapur. Pasirnya berwarna putih dan menjadi tempat bersandarnya perahu-perahu nelayan. Selain menikmati keindahannya, beberapa aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan antara lain belanja ikan segar, naik perahu, dan camping.

Fasilitas Pantai Ngrenehan lumayan lengkap, sudah tersedia toilet, tempat parkir, mushola, warung makan, dan camping ground. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah. Lokasi pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

23. Pantai Gesing

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ??????? ???? ??? ????? (@dolan.aja)

Seperti halnya Pantai Ngrenehan, Pantai Gesing termasuk pantai nelayan meskipun tak terlalu besar. Di sana, Anda bisa melihat perahu-perahu nelayan bersandar di tepi pantai.

Pantai Gesing memiliki pasir berwarna putih dengan ombak lumayan tenang. Warna gradasi permukaan air laut dari hijau terang ke biru tampak begitu indah. Ikan hias yang kerap bersembunyi di sela-sela batu karang dangkal semakin menambah keelokan pantai ini.

Bagi Anda penyuka fotografi, setiap sudut Pantai Gesing bisa menjadi objek bidik kamera. Setelah puas hunting foto dan mengeksplore keindahannya, Anda bisa lanjut menikmati kuliner sea food di warung sekitar pantai.

Lokasi / alamat Pantai Gesing terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sana dibanderol 5 ribu rupiah.

24. Pantai Kesirat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by أحمٓد طفايل الرّحيم (@ahmed.thufail)

Jika pantai di Gunung Kidul pada umumnya berpasir putih, maka lain halnya dengan Pantai Kesirat atau Pantai Tanjung Kesirat. Pantai ini termasuk tipe pantai berkarang dengan deburan ombak langsung menghantam tebing karang, tak ada pasir putih sama sekali.

Meskipun tanpa pasir putih, pesona Pantai Kesirat tetaplah eksotik layaknya surga tersembunyi (hiden germ). Perpaduan langit biru, pepohonan, dan rerumputan hijau yang tumbuh di sana menyuguhkan panorama cantik. Apalagi saat senja tiba, view sunsetnya sungguh indah mengagumkan.

Bagi traveler muda yang suka ngecamp, pantai ini bisa digunakan untuk bermalam dengan mendirikan tenda. Ada juga spot mancing bernama “rock fishing”. Jika lapar, Anda tinggal pergi saja ke warung di sekitar pantai yang menyediakan menu olahan laut alias seafood (makanan laut).

Pantai Kesirat terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuknya sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

25. Pantai Greweng

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ᴍᴀЯᴄᴏ (@muchmarco)

Ada cukup banyak rekomendasi pantai di Jogja untuk camping saat liburan. Selain Pantai Kesirat, ada Pantai Greweng yang juga asyik untuk bermalam bersama teman-teman. Keberadaan pantai ini cukup tersembunyi dan masih alami belum terjamah banyak orang.

Pantai Greweng memiliki hamparan pasir luas dengan diapit 2 bukit karang tinggi sehingga bagus buat mendirikan tenda. Di sana sudah tersedia fasilitas toilet dan kios / warung yang menjual makanan / minuman. Harga tiket masuk ke Pantai Greweng sekitar 5 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Pantai Greweng terletak di Jalan Pendowo, Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Tempat wisata yang tergolong masih sepi ini bersebelahan dengan Pantai Sedahan dan membutuhkan waktu tempuh 2,5 – 3 jam perjalanan darat dari Kota Jogja.

26. Pantai Sedahan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anjani dessy (@anjani_deasy)

Bagi Anda yang sedang mencari pantai sepi di Gunung Kidul, maka Pantai Sedahan bisa menjadi pilihan tepat. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai cantik ini jarang dikunjungi wisatawan. Pasirnya berwarna putih bersih dengan 2 bukit karang yang mengapitnya.

Untuk menuju Pantai Sedahan dari tempat parkir, Anda harus trekking alias jalan kaki menyusuri perbukitan, ladang penduduk, hutan batu, hingga semak belukar. Waktu tempuh trekking sekitar 45 menit – 1 jam. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 5 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Pantai Sedahan terletak di Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Greweng. Jadi, sekali berkunjung bisa liburan ke 2 pantai sekaligus.

27. Gunung Ireng Srumbung

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Maspeot (@maspeot)

Gunung Ireng Srumbung dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Jogja. Meskipun bernama gunung, namun sejatinya hanyalah bukit berbatu dengan ketinggian sekitar 200 mdpl. Dari atas puncak Gunung Ireng, Anda bisa menyaksikan sang surya bangun dari peraduan.

Selain itu, jika beruntung Anda akan bisa menyaksikan hamparan kabut layaknya negeri di atas awan. Keren banget deh! Di puncaknya, tersedia sebuah rumah kayu yang kerap dijadikan spot foto oleh para wisatawan. Lokasi Gunung Ireng terletak di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Tiket masuk seharga 5 ribu rupiah.

28. Taman Bunga Amarilis Gunungkidul

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Elisabeth Sri Cahyanti (@yantikastawa)

Selama ini, Kabupaten Gunung Kidul identik dengan tanah tandus berupa batuan kapur. Namun, siapa sangka ternyata di sana ada kebun bunga indah bernama Taman Bunga Amarilis. Lokasinya terletak di Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Jam buka pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Sesuai namanya, taman bunga ini penuh dengan tanaman bunga Amarilis yang berwarna orange. Berfoto di tengah hamparan bunga yang bermekaran menjadi aktivitas favorit banyak orang. Tak ayal, saat bunga mekar, tempat ini ramai wisatawan.

Mengingat taman bunga ini hanyalah lahan rumah warga, tiket masuknya pun masih gratis. Namun, seiring dengan bertambahnya fasilitas seperti toilet, mungkin nantinya akan dikenakan tiket masuk. Selain berselfie ria, Anda juga bisa membeli bibit bunga Amarilis di sana dengan harga 2,5 – 3 ribu rupiah.

Oya, jika mau datang ke sana, pastikan saat bunga lagi mekar ya! Kabarnya, bunga Amarilis tak terlalu tahan air sehingga daya tahan mekarnya cukup singkat, sekitar 7 hari saja.

29. Green Village Gedangsari

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Biro Tapem Setda DIY (@birotapemsetdadiy)

Ada cukup banyak tempat wisata bagus di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi, satu diantaranya adalah Green Village Gedangsari. Dengan ketinggian mencapai 400 mdpl, dari atas Green Village, Anda dapat menyaksikan hamparan perbukitan hijau yang begitu indah.

Untuk menambah daya tarik, Green Village Gedangsari dilengkapi beberapa wahana / fasilitas mulai dari spot foto, flying fox, mushola, tempat parkir, dan toilet. Oya, flying fox di sana termasuk yang terpanjang kedua di Asia Tenggara lho, dengan panjang lintasan sekitar 625 meter.

Harga tiket masuk ke area wisata dibanderol 5 ribu rupiah, sedangkan tarif flying fox sebesar 200 ribu rupiah. Lokasi / alamat Green Village Gedangsari terletak di Guyangan Lor, Mertelu, Kec. Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buku pukul 06.00 – 18.00 WIB.

30. BKM Waterboom

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bkm Waterboom (@bkmwaterboom)

Tak dapat dipungkiri, Gunung Kidul memang kaya akan pantai dan keindahan alam. Namun, ternyata daerah ini juga punya tempat wisata anak dan keluarga yang asyik buat menghabiskan waktu akhir pekan. Satu diantaranya adalah BKM Waterboom.

BKM Waterboom menyajikan 3 jenis kolam renang, yaitu kolam anak, kolam remaja, dan kolam dewasa. Kolam anak memiliki kedalaman 50 cm, dilengkapi ember tumpah dan kiddy slide (perosotan anak-anak). Kolam remaja berkedalaman 80 – 100 cm, lengkap dengan seluncuran.

Untuk kolam dewasa berkedalaman sekitar 130 cm. Fasilitas di dalam waterboom lumayan lengkap, tersedia toilet, kamar mandi, loker, mushola, kantin, gazebo, ruang P3K, dan tempat parkir.

Lokasi BKM Waterboom terletak di Bogor II, Playen, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB (Senin tutup).

31. Pantai Siung

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Arif (@ariffripong_)

Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat Kota Jogja, dapat ditempuh selama 2,5 – 3 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor.

Meskipun jauh, namun rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan pantainya. Pantai Siung memiliki pasir putih dan gugusan tebing karang yang sangat eksotik. Tebing-tebing karang di sana merupakan lokasi bagus untuk panjat tebing. Kabarnya, ada 250-an jalur panjat tebing.

Ada cukup banyak pilihan aktivitas wisata di Pantai Siung, antara lain panjat tebing, berkemah, naik ke Bukit Pengilon di sisi Timur, naik jembatan gantung, memancing, kulineran sea food, dan menikmati sunset. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sebesar 10 ribu rupiah.

32. Pantai Watu Kodok

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KODOK ADVENTURE 354 (@pantai_watukodok)

Keindahan deretan pantai pasir putih di Gunung Kidul memang tiada duanya, tak kalah bagus dengan pantai di Malang. Misalnya saja Pantai Watu Kodok, garis pantainya tampak luas dengan hamparan pasir putih bersih. Semakin cantik dengan deburan ombak khas laut selatan.

Meskipun jauh dari pusat kota, namun fasilitas di sana cukup memadai dengan tersedianya mushola, tempat menginap, tempat makan, camping ground, toilet, dan tempat parkir.

Lokasi / alamat Pantai Watu Kodok terletak di Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya 10 ribu rupiah.

33. Pantai Nglambor

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Eko Andriyanto (@ekoandriyanto32)

Tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk menikmati keindahan bawah laut melalui snorkeling. Datang saja ke Pantai Nglambor, di sana Anda bisa berenang dan bersnokeling ria melihat panorama bawah laut mulai dari ikan, terumbu karang, dan bioata laut lainnya.

Buat Anda yang tak punya peralatan snorkeling, tak usah kuatir karena di sana tersedia jasa penyewaan peralatan tersebut dengan tarif sekitar 35 – 50 ribu rupiah. Waktu terbaik snorkeling adalah ketika air laut belum pasang dan tidak terlalu surut.

Setelah puas menyaksikan keindahan bawah laut, Anda bisa menjelajahi setiap sudut pantai seperti naik jembatan kayu dan kulineran seafood di warung makan yang ada di sekitarnya. Di Pantai Nglambor sudah tersedia juga fasilitas seperti toilet maupun mushola.

Harga tiket masuk ke Pantai Nglambor dibanderol 5 ribu rupiah. Lokasinya terletak di sebelah barat Pantai Siung dan sebelah timur Pantai Jogan. Alamat lengkapnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

34. Queen Of The South Beach Resort

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Queen Of The South Resort (@queenofthesouth_resort)

Siapa bilang hanya Bali dan Lombok yang punya resort tepi pantai? Jogja juga punya lho, namanya Queen Of The South Beach Resort. Lokasinya terletak di Jl. Parangrejo No.13/RW 13, Parang Reja, Girijati, Purwosari, Kab. Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Resort terbaik di Jogja ini menyuguhkan pemandangan langsung laut selatan. Pantainya juga bersih dan cantik, suasananya tenang tak seramai pantai Parangtritis. Anda benar-benar akan merasakan keindahan Pantai Parangtritis tapi rasa private beach. View sunsetnya pun cantik menawan.

Queen Of The South Beach Resort menyediakan beberapa tipe kamar, antara lain Standard Room, Superior Room
Family Room, dan President Suites. Rate harga sewanya mulai dari 900 ribu rupiah hingga 12 juta rupiah per malam. Ada juga fasilitas kolam renang semacam infinty pool pinggir pantai.

Keberadaannya yang cukup jauh dari keramain kota, membuat suasana Queen Of The South Beach Resort begitu tenang. Hanya ada suara deburan ombak dan semilirnya angin pantai. Sungguh sebuah penginapan yang cocok dijadikan tempat honeymoon di Jogja. Apalagi ada faslitas candle light dinner.

35. The Manglung View & Resto

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by The Manglung Bukit Bintang (@themanglung)

Setelah puas menjelajahi aneka tempat wisata di Gunung Kidul, bersantai di The Manglung View & Resto nampaknya menjadi pilihan tepat. Pasalnya, restoran ini bukan hanya menyajikan menu makanan enak, tetapi juga menawarkan view pemandangan Kota Jogja dari ketinggian.

Untuk memanjakan pengunjung, di sana tersedia spot foto dan live music. Harga makanan maupun minumannya pun cukup terjangkau sekitar 17 – 70 ribu rupiah. Lokasi resto The Manglung terletak di Jl. Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Jam buka pukul 15.00 – 22.00 WIB.

36. Embung Batara Sriten

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ganef (@ganefdwiyudono)

Embung Batara Sriten merupakan sebuah danau / telaga buatan yang berada di perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Ketinggian tempat wisata ini mencapai 800-an mdpl.

Dari tepian Embung Batara Sriten, Anda dapat melihat landscape panorama lembah hingga perbukitan hijau yang terhampar luas. Kabarnya, danau buatan ini sendiri sebenarnya berfungsi sebagai penampung air untuk mengairi kebun agrowisata manggis dan kelengkeng di sekitarnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke sana antara lain hunting foto, menyaksikan matahari terbenam (sunset), dan camping. Tak jauh dari embung, terdapat Puncak Mangir yang menyuguhkan pemandangan alam indah berupa hamaparan perbukitan hijau, lembah, Rawa Jombor, hingga Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Mengingat Embung Batara Sriten berada di puncak bukit, maka Anda harus menyiapkan fisik yang prima saat berkunjung ke sana. Waktu tempuh dari pusat Kota Jogja sekitar 1,5 – 2 jam tergantung ramai tidaknya kendaraan yang lewat. Harga tiket masuk dibanderol 3 ribu rupiah.

37. Gathot Thiwul Yu Tum

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gathot Thiwul Yutum (@thiwulyutum)

Liburan ke Gunung Kidul tentu belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh khasnya, bukan? Nah, salah satu toko oleh-oleh khas Gunung Kidul yang cukup populer adalah Gathot Thiwul Yu Tum. Lokasinya terletak di Jl. Pramuka No.36, Pandansari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gatot dan Tiwul merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari gaplek (singkong kering). Kabarnya, kedua jajanan tradisional ini sempat dijadikan makanan pokok pengganti nasi oleh masyarakat setempat. Namun, sekarang gatot tiwul telah naik kasta menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta bagi para wisatawan.

Gatot sendiri memiliki cita rasa gurih, sedangkan tiwul bercita rasa manis. Keduanya punya tekstur kenyal, semakin sedap dimakan bersama parutan kelapa. Selain gatot dan tiwul, getuk goreng racikan warung Yu Tum juga terbilang enak, wajib deh memesan ketiganya saat mampir ke sana.

Demikianlah sekilas info menarik tentang berbagai tempat wisata di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi. Kira-kira, destinasi mana favorit Anda? Apabila sobat traveler punya referensi spot liburan lain, silahkan bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here