Home Wisata Asia Suraloka Interactive Zoo : Wahana, Tiket Masuk, Dan Fasilitas – Review Lengkap

Suraloka Interactive Zoo : Wahana, Tiket Masuk, Dan Fasilitas – Review Lengkap

1650
0

Suraloka Zoo – Ingin tahu ada apa saja di Suraloka Interactive Zoo Kaliurang Jogja? Ini review lengkapnya, mulai dari wahana seru, harga tiket masuk, fasilitas, aktivitas wisata menarik, jam buka, tips berkunjung, lokasi / alamat, hingga rute jalan menuju ke sana.

Kawasan wisata Kaliurang merupakan salah satu tempat favorit warga Jogja dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Selain udaranya sejuk, di sana juga banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi bareng keluarga dan anak-anak. Misalnya saja Suraloka Interactive Zoo.

Kebun binatang baru di Yogyakarta ini menyuguhkan keindahan alam, keanekaragaman fauna & flora, wahana bermain anak, dan cafe / resto dengan menu makanan yang menggugah selera. Nah, kira-kira seperti apa ya isi di dalam Suraloka Interactive Zoo? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Suraloka-Interactive-Zoo-Kaliurang-Jogja
Gambar ilustrasi Suraloka Interactive Zoo (Foto : suralokazoo.com)

Review Suraloka Interactive Zoo Kaliurang Jogja

Wahana Edukasi Dan Permainan Di Suraloka Interactive Zoo

Mengusung tema edukasi dan rekreasi keluarga, Suraloka Zoo menyajikan aneka wahana menarik bagi anak-anak dan orang dewasa. Daya tarik utama tempat wisata di Yogyakarta terbaru ini berupa koleksi satwa dari belahan dunia, seperti rusa trotol india, kambing ceko, ayam kapas, pygme, kambing merino, dan sebagainya.

Selain melihat-lihat satwa tersebut, Anda juga bisa berinteraksi dengan beberapa satwa jinak mulai dari burung sun conure, macaw, kakatua raja, burung hantu, mollucan, merpati kipas, iguana, kuda sandel, hingga kuda poni. Ada juga green house yang berisi tanaman hias anggrel, aglonema, bonsai, begonia, serta kaktus.

Bagi yang suka seru-seruan, Suraloka Zoo menyediakan wahana permainan seperti lying fox, high rope, menjaring ikan, indoor playground, dan lainnya. Berikut ini daftar wahana yang ada di Suraloka Interactive Zoo.

Mini Zoo / Kebun Binatang Mini

Meskipun tak selengkap Kebun Binatang Gembira Loka, namun koleksi hewan / fauna / satwa di Suraloka Zoo sangatlah menarik. Pasalnya, satwa yang disajikan terbilang unik dan berasal dari bermacam daerah, negara, maupun benua di dunia. Ada 6 kelas hewan di sana, yaitu mamalia, reptile, amphibi, unggas, ikan, dan insect.

Kelas HewanContoh Hewan
Mamaliakelinci rex, rusa totol, tupai tiga warna, kambing merino, kambing pygmy, guinea pig, otter, common marmoset, kuda sandel, kuda pony, landak albino, dan banded mangoose.
Reptilesoa layar, bearded dragon, kura-kura sulcata, phyton, milk snake, red tegue, cameleon, emerald tree boa, savannah monitor, corn snake, tokay gecko, iguana, crocodile shink, ball phyton, blue tree monitor, blue tounged lizard, leopard gecko, dan green tree skink.
Amphibikatak pacman, dumpy frog, kura dada merah, african bull frog, blue poison dart frog, dan kura red chery.
Unggasburung merpati, burung unta, burung macaw, burung sun conour, kakatua galah, kakatua raja hitam, kakatua mollucan, kakatua afgrey, burung bayan, burung hantu tyto alba, burung merak, yellow pheasant, silver pheasant, mute swant, black swan, ayam white face, ayam brahma, burung jalak, lady pheasant, ayam kapas, ringneck pheasant, barnackle swan, bebek whistling, burung falk, burung hantu spotted wood, bebek caroline, bebek white caroline, bebek mandarin, dan bebek ringed teal.
Ikanblack fin shark, white fin shark, remora, lion fish, giant trevally, red knob starfish, moray eel, trigger fish, salamander, zebra danio, clown fish, letter six, banner fish, black pacu tambaqui, tiger shovelnose catfish, sorubim catfish, barramundi, alligator gar platinum, arwana silver albino, arwana golden red, peacock bass intermedia, peacock bass monoculus, dan peacock bass uzul.
Insectsmithi dan vietnam giant centipede.
Tabel Koleksi Satwa Di Suraloka Zoo

Area Kelinci

Wahana ini berisi Kelinci Rex dengan warna hitam, putih, dan abu-abu. Selain melihatnya secara langsung, Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain dengan kelinci-kelinci lucu sambil memberi makan mereka. Cocok sekali sebagai sarana edukasi tentang kelinci bagi anak-anak.

Kelinci Rex merupakan satwa dari Perancis dengan ciri-ciri bobot tubuh sekitar 3,6 – 5 kg dan memiliki rambut (baca : bulu) yang sangat halus seperti kapas. Asyiknya lagi, kelinci jenis ini cukup jinak, mereka suka dipegang maupun digendong.

Area Merpati

Spot ini berisi burung Merpati Kipas atau yang dikenal dengan nama American Fantail Pigeons. Cara berjalannya cukup unik, tampak lucu menggemaskan. Bulunya berwarna putih dan memiliki ekor yang mengembang layaknya kipas. Di area ini, Anda bisa memberi makan merpati. Pakan bisa dibeli di loket booth pakan hewan.

Area Sun Conure

Selain Merpati Kipas, ada juga spot burung Sun Conure yang tak kalah cantik. Sesuai namanya, burung ini punya warna bulu merah, kuning, hijau, dan biru sehingga tampak menyilaukan layaknya matahari (sun). Di sini, Anda bisa berinteraksi memberi makan sekaligus berfoto dengan burung Sun Conure.

Area Kuda Pony / Sandel

Ingin jalan-jalan keliling kawasan Suraloka Zoo tanpa capek? Cobain deh naik kuda Pony atau kuda Sandel. Anda akan diajak berkeliling dengan durasi dua putaran. Bukan hanya anak kecil, orang dewasa juga bisa naik kuda ini. Ada pemandunya juga lho, jadi gak usah takut jatuh atau lari kudanya.

Terapi Ikan

Bukan hanya koleksi ikan untuk pajangan, Suraloka Zoo juga punya kolam ikan yang bisa digunakan untuk terapi. Saat moment tertentu, misalnya perayaan 17 Agustus, kolam ini digunakan juga untuk lomba tangkap / menjaring ikan bagi anak-anak.

Green House

Buat Anda pecinta tanaman hias, bisa merapat ke Green House. Di sana, ada aneka flora tanaman hias dari berbagai daerah dan belahan dunia. Ada sekitar 5 jenis tanaman hias di sana, yaitu anggrek, aglonema, kaktus, bonsai, dan begonia.

Khusus untuk tanaman anggrek, ada banyak jenisnya, antara lain : anggrek bulan hibrida, anggrek dendrodium, anggrek cattleya, anggrek vanda, anggrek gramma, anggrek zygo, anggrek hitam kalimantan, anggrek retusa, anggrek oncy, anggrek vanda spike, anggrek farmeri, anggrek coryanthes macranta, anggrek tanduk kerbau, dan lain-lain.

Sedangkan untuk aglonema, tersedia aglonema red katarina, aglonema red anja, aglonema legasi, aglonema red venus, aglonema red king, aglonema dud anja, aglonema stradas, aglonema suksom, aglonema dalmation, dan aglonema mahaseti.

High Ropes

Selain flora dan fauna, Suraloka Zoo juga menawarkan wahana seru lainnya yaitu High Ropes. Wahana yang dapat memacu adrenalin ini bisa dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak. Dengan pengemasan yang fun, ceria, dan seru, anak-anak bisa mencoba High Rope tanpa rasa takut.

Soal keselamatan, Anda tak perlu kuatir karena wahana ini memakai standar keselamatan maksimum. Setiap hari ada pemeliharaan alat dan “quality control” dari instruktur ahli.

Flying Fox

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Belum puas main High Rope? Masih ada flying fox yang bisa Anda coba. Flying fox ini bisa untuk anak-anak dan orang dewasa. Anda akan diajak meluncur dari ketinggian 10 meter dengan panjang lintasan sekitar 50 meter. Sebelum meluncur, Anda akan dipakaikan perlengkapan keamanan / keselamatan.

Playground Indoor

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Wahana Playground Indoor dikhususkan bagi anak-anak. Di dalamnya terdapat wahana permainan seperti trampolin, mandi bola, dan kolam air kecil. Mengajak putra-putri Anda bermain di sana menjadi pilihan tepat. Jangan lupa tetap dampingi anak-anak saat bermain.

Playground Outdoor

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Tak kalah seru dengan playground indoor, wahana di playground outdoor juga sangat menarik. Di sana tersedia wahana permainan seperti ayunan, kursi putar, kursi goyang, perosotan, panjat tebing, dan lainnya. Asyiknya lagi, wahana ini gratis bagi pengunjung lho, tanpa dipungut biaya tambahan.

Kereta Thomas

Wahana Kereta Thomas dikhususkan hanya untuk anak-anak. Seperti halnya kereta sungguhan, kereta ini juga berjalan di atas rel. Sekali naik, putra-putri Anda akan diajak berkeliling sebanyak 3 kali putaran. Kereta Thomas termasuk salah satu wahana kesukaan anak-anak di Suraloka Zoo.

Game AR & Arcade Game

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Selain permainan outdoor, ada juga game-game kekinian yang lebih modern layaknya di Mall, yaitu Game AR dan Arcade Games. Anak-anak bisa mencoba Rainbow Basket Ball, Gogo Pony, maupun Sewing Machine Kids.

Area Selfie Dinosaurus

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Tak kalah bagus dengan Merapi Park Jogja, destinasi ini juga punya spot foto kece yaitu area selfie Dinosaurus. Di sana terdapat patung Dino yang bisa dijadikan latar berfoto. Selain itu, biasanya tempat liburan ini juga gonta ganti tema dengan penambahan aksesoris yang bisa dijadikan latar berfoto, misalnya payung warna-warni.

Baca Juga : Wahana Seru Dan Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Harga Tiket Masuk, Tarif Wahana, Dan Jam Buka Suraloka Interactive Zoo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Untuk memasuki kawasan Suraloka Interactive Zoo, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.30.000,-. Harga tersebut belum termasuk tarif semua wahana yang ada di sana. Ada wahana yang gratis, ada juga wahana yang berbayar. Berikut ini daftar harga tiket masuk dan tarif wahana di Suraloka Interactive Zoo :

WahanaHarga Tiket
Area KelinciRp.10.000,-
Foto BurungRp.10.000,-
Foto IguanaRp.10.000,-
Kuda PoniRp.50.000,-
Kuda SandelRp.30.000,-
High RopeRp.20.000,-
Flying FoxRp.30.000,-
Playground IndoorRp.40.000,-
Kereta ThomasRp.15.000,-
Game AR interaktifRp.25.000,-
Makanan HewanRp.5.000,-
Paket 1 (Tiket masuk, Area Kelinci, Kereta Thomas, bonus Game AR Interaktif)Rp.55.000,-
Paket 2 (Tiket masuk, High Rope, Flying Fox, bonus berfoto dengan Iguana)Rp.80.000,-
Paket 3 (Tiket masuk, Kereta Thomas, High Rope, Flying Fox, Foto Burung, Playground, bonus Game AR Interaktif)Rp.150.000,-
Tabel Daftar Harga Tiket Wahana Di Suraloka Interactive Zoo

Apabila Anda ingin berkunjung ke sana, sebaiknya menyiapkan uang pas untuk membayar wahana. Jika ingin lebih berhemat, pastikan datang saat ada promo tiket. Jam buka Suraloka Zoo setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Fasilitas Yang Tersedia Di Suraloka Interactive Zoo

Keberadaan fasilitas penunjang dalam sebuah objek wisata tentu sangat penting. Nah, dalam rangka memberi rasa nyaman kepada pengunjung, Suraloka Zoo menyediakan beragam fasilitas super lengkap selain wahana, antara lain :

  • Mushola
  • Akses WiFi
  • Kursi Roda
  • Booth Makanan (Food Stall)
  • Cafe & Resto
  • Stroller Bayi
  • Ruang Laktasi
  • Tempat Parkir Luas
  • Toilet

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Suraloka Interactive Zoo

Lokasi Suraloka Interactive Zoo terbilang cukup strategis, mudah dijangkau. Alamat lengkapnya terletak di Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute jalan menuju ke sana yaitu :

Dari UGM, Anda langsung saja menuju ke Jl. Kaliurang, lurus terus ikuti jalan tersebut ke utara hingga ke Taman Wisata Kaliurang. Dari sana, Anda tinggal belok kiri ke arah Kaliurang Barat mengikuti papan petunjuk ke arah Griya Persada Convention Hotel & Resort Kaliurang.

Nah, Suraloka Interactive Zoo terletak di sebelah hotel tersebut. Jika ingin lebih jelas, Anda bisa melihat gambar peta di Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Suraloka Interactive Zoo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Suraloka Interactive Zoo (@suralokazoo)

Rekreasi ke Kebun Binatang bersama anak-anak dan keluarga tentu menjadi hal yang menyenangkan dalam mengisi libur akhir pekan maupun libur panjang. Agar moment liburan Anda berjalan lancar dan nyaman, ada baiknya membaca tips-tips sederhana berikut ini sebagai persiapan :

  • Datanglah saat cuaca cerah, hindari berkunjung apabila hujan.
  • Mengingat sebagian wahana di sana berisi aneka satwa, maka ingatkan kepada anak-anak bahwa hewan kebun binatang masih termasuk liar. Oleh karena itu, hindari memegang atau mendekatinya kecuali hewan-hewan yang memang sudah dikhususkan untuk berfoto dan ada pawang / pemandunya.
  • Baca dan taati peraturan yang ada di objek wisata.
  • Dampingi anak-anak saat bermain wahana, jangan sampai ditinggal sendirian. Ingat, utamakan keselamatan di atas kesenangan.
  • Pakailah pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Bawalah payung atau jas hujan untuk jaga-jaga bila sewaktu-waktu turun hujan mengingat letak objek wisata berada di lereng Gunung Merapi.
  • Bawalah uang pas untuk membayar tiket masuk, wahana, atau membeli makanan dan minuman.
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena jalan menuju ke lokasi menanjak dan berkelok-kelok.
  • Patuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan membawa hand sanitizer.
  • Bawalah kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap moment di sana.
  • Bawa obat-obatan dan P3K yang diperlukan.
  • Berdoa dan sarapan sebelum berangkat.

Bagaimana sobat traveler? Bagus dan keren, bukan? Rugi deh, jika sedang berada di Jogja, tapi tidak mampir ke Suraloka Interactive Zoo. Bagi Anda yang kebetulan sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here